7 Prinsip Palang Merah Beserta Maknanya

















Halo caritas semuanya....
Kali ini saya akan membahas tentang 7 prinsip palang merah. Siapa sih anak PMR yang gk tau sama prinsip-prinsip ini. Pastinya tau kan? Nah jika belum tahu dan sekalian belajar dengan maknanya.

7 Prinsip Palang Merah :

1) Kemanusiaan

 Yang pertama ada kemanusiaan. Apa sih arti dari kemanusiaan? Kemanusiaan adalah sifat seseorang yang saling tolong menolong. Manusia merupakan makhluk sosial yang artinya saling membutuhkan, dan makna dari kemanusiaan sendiri adalah anggota PMR selalu siap untuk tolong menolong kepada siapapun yang membutuhkan.

2) Kesamaan

 Lalu ada kesamaan. Makna dari kesamaan adalah setiap anggota PMR tidak membeda-bedakan seseorang, baik dari derajat, martabat, jabatan, agama, dan sebagainya.

3) Kenetralan

 Kenetralan sendiri artinya tidak memihak siapapun. Maknanya yaitu PMR tidak memihak kepada siapapun jika terjadi pertentangan, misalnya dalam kejadian perang dunia. PMR tidak membeda-bedakan mana musuh mana kawan.

4) Kemandirian

 Makna dari kemandirian dalam 7 Prinsip Palang Merah yaitu PMR tidak bergantung terhadap pihak lain dan berdiri sendiri, artinya seorang anggota PMR harus bisa mandiri dan jangan terlalu bergantung kepada seseorang.

5) Kesukarelaan

 Makna kesukarelaan adalah bekerja secara sukarela dan tidak mengharapkan imbalan apapun. Jadi seorang anggota PMR tidak boleh mengharapkan imbalan apapun saat menolong orang banyak.

6) Kesatuan

Makna kesatuan adalah kita adalah satu dalam suatu organisasi. Memiliki 1 tujuan yaitu membantu sesama. Dalam suatu negara kita hanya terdapat satu yaitu PMI.

7) Kesemestaan

Makna dari kesemestaan adalah kita sebagai anggota PMR dan Palang Merah Indonesia merupakan salah satu bagian dari Palang Merah Internasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Welcome new blog

Mars PMI